Share ke media
Populer

Upaya Deteksi Dini, KPAD Kukar Gelar Mobile Vct di Lapas IIa Tenggarong

17 Oct 2023 11:00:5373 Dibaca
No Photo
Pembina KPAD Kukar Maslianawati Edi Damansyah. (istimewa)

Tenggarong – Upaya deteksi dini penderita HIV/AIDS terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD). Bekerja sama Dinas Kesehatan (Dinkes), KPAD Kukar menggelar Mobile Vct di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIa Tenggarong, Senin (16/10/2023).

Pembina KPAD Kukar Maslianawati Edi Damansyah menjelaskan, Mobile Vct adalah kegiatan pencarian atau penemuan penderita HIV/AIDS secara mobile/keliling. Sasarannya adalah kelompok-kelompok berisiko.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pelayanan rutin.Tujuan pemeriksaan Vct ini sebagai bentuk deteksi dini HIV dan membantu seseorang mendapatkan pengobatan lebih cepat, sehingga infeksi HIV tidak terlambat berkembang menjadi AIDS,” paparnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyuluhan kesehatan tentang penyakit HIV/AIDS, cara pencegahan dan penanggulangannya. Maslianawati berharapkan para warga binaan Lapas IIa Tenggarong dapat bekerja sama memeriksakan diri dan membantu kelancaran kegiatan yang digelar dua hari tersebut.

“Bagi mereka yang terindikasi kita dijamin kerahasiaannya dan ditangani dengan baik,” tegasnya. (dn)