Share ke media
Hukum

Wabup Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Berantas Narkoba

11 Nov 2021 12:00:1718 Dibaca
No Photo
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat acara TOT Pembinaan P4GN

Kukar - Dalam rangka memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kalimantan Timur khususnya di Kutai Kartanegara.


Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) harus berkolaborasi dengan semua pihak. Terutama peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bebas dan bersih dari narkoba.


Wakil Bupati H. Rendi Solihin memastikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah kabupaten dengan seluruh elemen masyarakat yang ada, yang tidak saja berpusat di Ibukota Kabupaten namun juga hingga ke desa-desa di seluruh Kukar.


“Pemkab Kukar tidak dapat memerangi dan memberantas peredaran narkotika sendirian, tanpa berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat,” tegas Wabup, dalam acara TOT Pembinaan P4GN yang berlangsung pada Rabu (10/11/2021) lalu di Pendopo Wakil Bupati Kukar.


Dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Bakesbangpol Kukar tersebut, Wabup berharap Desa Bersinar dapat diadopsi konsepnya. Yang meletakkan peran masyarakat sebagai garda terdepan mengkampanyekan maupun mensosialisasikan bahayanya peredaran narkotika di lingkungan masyarakat.


“Telah kami petakan beberapa desa, sudah masuk desa rawan dan bahaya. Contohnya banyak, seperti di pesisir Kukar seperti di kecamatan Anggana, hampir seluruh desanya merupakan desa yang sudah dalam zona merah atau yang kita sebut desa rawan berbahaya,” terang Wabup.


Pemkab Kukar menjadikan desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu dan Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan sebagai pilot project,dari 11 desa bersinar yang ada dan akan diluncurkan di tahun 2022 mendatang.(ADV)