Share ke media
Politik

Wabup Kukar Ikuti Rapat dengan Wapres RI

04 Nov 2021 12:32:4592 Dibaca
No Photo
Wakil Bupati Rendi Solihin Foto : prokomkukar

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin menghadiri undangan rapat bersama Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Bupati/Walikota se-Kaltim di Pendopo Odah Etam Samarinda, Selasa (02/11/2021).


Dalam kunjungannya, Wapres RI Ma’ruf Amin membahas beberapa hasil evaluasi. Antara lain terkait perkembangan vaksinasi, pelayanan publik, hingga program UMKM di Kaltim.


Dalam arahannya Ma’ruf Amin meminta untuk percepat pelaksanaan vaksinasi agar dapat mencapai kekebalan kelompok. Kemudian pemerintah daerah diminta melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik sehingga tercipta aparatur yang mempermudah pelayanan, mempercepat dan murah dengan terbentuknya mal pelayanan publik (MPP) di setiap kabupaten dan kota.


“Tingkatkan SDM dalam rangka meningkatkan pelayanan tentunya pelayanan harus berjalan baik dan tidak berliku-liku, serta terhindar dari pungli (pungutan liar),” ujarnya.


Rendi Solihin saat diwawancara mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kukar saat ini sudah mencapai 49,3 persen. Kemudian dalam satu minggu ke depan ditargetkan akan mencapai 65 persen.


“Dalam menanggapi arahan Wakil Presiden, Pemerintah Kabupaten Kukar saat ini sudah melaksanakan semua yang menjadi arahannya. Diantaranya pelaksanaan vaksinasi di Kukar mencapai 49,3 persen,” jelasnya.


Kemudian untuk bidang pelayanan publik, Rendi menerangkan bahwa Pemkab Kukar selalu melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja SDM maupun organisasi di seluruh sektor untuk mendukung peningkatan pelayanan publik.


Kabupaten Kukar sendiri menjadi salah satu proyek percontohan yang cepat dalam progres MPP. Salah satunya di Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal Satu Pintu (DPMPTSP). Progresnya pun kini sudah mencapai 40 persen, Rendi menyebut target 100 persen diupayakan selesai pada Desember mendatang.


“Untuk program UMKM di Kabupaten Kukar, bahwasanya Kukar sudah memiliki produk yang sudah menembus pasar nasional ataupun ekspor. Untuk itu Kukar yang menjadi pilot project  kerjasama dengan OJK dan Bank Kaltimtara dalam mengembangkan dan menjalankan Produk UMKM untuk menembus pasar internasional,” terang Rendi.


Pemkab Kukar, lanjut Rendi, terus melakukan akselerasi reformasi birokrasi, serta memastikan terselenggaranya pelayanan publik yang prima guna terciptanya reformasi birokrasi yang baik sebagai mandat dan melaksanakan amanah dari Presiden. (hms/adv)