Share ke media
Ekonomi

Wabup Kukar Serahkan Belasan Perahu dan Jutaan Bibit Udang untuk Nelayan Muara Badak

23 Oct 2023 01:00:4372 Dibaca
No Photo
Wabup Kukar Rendi Solihin menyerahkan bantuan perahu untuk nelayan Muara Badak. (istimewa)

Tenggarong – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin kembali menyerahkan bantuan untuk para nelayan. Kali ini bantuan diserahkan kepada nelayan Muara Badak, Ahad (22/10/2023) sore di Pelabuhan Toko 5.

Bantuan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar itu meliputi 13 Perahu Fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, dan 2 juta Bibit Udang Windu kepada kelompok pembudidaya “Inti Karya Bersama” dan “Tanjung Bersinar”.

Disampaikan Rendi, bantuan tersebut merupakan lanjutan dari program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif. Yang merupakan program Dedikasi Kukar Idaman.

Sebulan lalu, kata Rendi, telah diberikan ratusan mesin dan perahu. Saat ini pihaknya kembali menyerahkan perahu fiber dan bibit udang 2 juta ekor.

“Program ini akan kita lanjutkan hingga 2024 nanti. Masih banyak bantuan yang akan kita berikan, sekarang masih dipetakan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Ini merupakan pelaksanaan RPJMD Kukar Idaman,” ujarnya.

Pemkab Kukar juga membuat penunjang hilirisasi pembudidaya rumput laut, pabrik rumput laut akan beroperasi di Muara Badak. Ini untuk menjamin hasil panen nelayan yang untuk memasok pabrik tepung rumput laut tersebut. Diharapkan bakal meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut sekitarnya.

“Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri,” tuturnya.

Rendi menegaskan, jalan dan jembatan juga menjadi prioritas. Termasuk pembangunan Rumah Sakit di Muara Badak akan ditambah anggarannya agar segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tak ketinggalan rumah ibadah juga dibantu program Kukar Idaman.

“Ini tak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat, aminkan ya supaya berjalan lancar,” tutur Rendi.

Sementara itu Camat Muara Badak Arpan mengatakan, masyarakat patut bersyukur terhadap Pemkab di bawah kepemimpinan Edi-Rendi. Pasalnya banyak kebutuhan masyarakat yang dibantu. Mulai dari pelayanan dasar ada rumah sakit yang dibangun, jembatan, dan saat ini untuk kesekian kalinya bantu nelayan digulirkan.

”Ini tak lain untuk mewujudkan masyarakat masyarakat sejahtera dan bahagia. Bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik sebagaimana harapan Pemkab,” tegas Arpan. (dn)