Share ke media
Olah Raga

Wabup Rendi Sebut Kukar Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Kempo

17 Oct 2023 11:00:0658 Dibaca
No Photo
Wabup Kukar Rendi Solihin (tengah). (istimewa)

Tenggarong – Wakil Bupati (Wabup) Rendi Solihin menyatakan Kutai Kartanegara (Kukar) siap menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Kempo. Hal ini disampaikannya setelah kembali dari mendampingi kontingen Indonesia dan Kukar khususnya dalam Kejuaraan Dunia Kempo di Tokyo Jepang, Senin (16/10/2023).

Rendi yang juga Manajer Tim Kenshi Indonesia menyebut, Kukar siap jadi tuan rumah untuk ajang nasional maupun internasional. Dalam hal ini pihaknya sudah membangun komunikasi dengan pihak terkait agar tahun depan Kukar bisa jadi tuan rumah kejuaraan Kempo nasional maupun internasional.

“Ini untuk memotivasi pemuda Kukar khususnya, bahawa anak-anak daerah bisa berperstasi untuk Indonesia di kejuaraan dunia. Pembinaan ini akan terus berjalan berkelanjutan,” ungkapnya.

Diketahui, atlet Kempo Kukar ikut mengantarkan Tim Nasional Indonesia meraih Juara kedua pada 2023 World Taikai di Tokyo Jepang yang diikuti 41 negara. Kontingen Indonesia yang terdiri dari 153 Kenshi mengikuti 19 nomor pertandingan dan meraih 4 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Dari total medali tersebut, atlet Kukar Kukar menyumbang 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Rendi memaparkan, raihan medali atlet Kukar untuk Indonesia pada kejuaraan dunia ini melebihi target. Malahan sangat disyukuri Indonesia bisa meraih juara umum kedua.

Dia mengatakan bakal ada penghargaan bagi atlet Kukar dari Pemkab bagi peraih prestasi atau sertifikat pada kejuaraan ini, yang akan dianggarkan tahun 2024. Nilainya sesuai ketentuan yang berlaku.

“Jadi nanti kita sama-sama kawal di anggaran 2024 penghargaan ini bisa disampaikan. Saya secara pribadi juga memberikan penghargaan untuk uang jajan lah nanti dibagi rata saja,” tutur Rendi.

Adapun tim Kempo Kukar yang berlaga di Jepang terdiri 30 atlet, lima ofisial, dan enam pelatih. Rombongan dilepas Sekda Kukar Sunggono di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Selasa (3/10/2023) lalu. (dn)