Share ke media
Pendidikan

Wabup: Setiap Orang Bisa Jadi Pahlawan

10 Nov 2021 04:00:2544 Dibaca
No Photo
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin

TENGGARONG – Memperingati Hari Pahlawan, Pemkab Kukar mengadakan upacara di lapangan Kantor Bupati Kukar, Rabu (10/11/2021). Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Sosial RI.


Rendi mengatakan, sebagai anak cucu pahlawan bangsa, kita harus memiliki semangat, tekad dan keyakinan.


“Yaitu keyakinan untuk mengalahkan kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 yaitu Pahlawanku Inspirasiku,” ujar Rendi.


Menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah dan letak geografis yang strategis, memiliki potensi sangat besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.



Untuk menghadapi itu semua butuh kerja keras dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan pantang menyerah.


“Melalui peringatan hari pahlawan mari sama-sama untuk bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab, serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” kata Rendi.


Ia menyampaikan, Kemensos RI akan membuka kesempatan penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan. Untuk itu Kemensos akan mengupayakan program graduasi melalui pendidikan vokasi, serta peningkatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis peluang yang bisa diciptakan melalui minat dan bakat.


Pada momen ini, dia mengajak masyarakat agar menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.


“Karena setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun dan bahkan bisa memulai dengan menjadi pahlawan bagi perekonomian keluarga dan komunitasnya,” katanya. (pro/adv)