Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

Siang Geah: Penguatan Koperasi Desa Mendesak untuk Pengelolaan Keuangan yang Profesional

14 Aug 2024 03:00:20387 Dibaca
No Photo
Ketua Fraksi PDIP Kutim, Siang Geah.

Digitalnews - Sangatta - Siang Geah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kutim, menggarisbawahi pentingnya memperkuat keberadaan koperasi di desa-desa Kutai Timur.

Menurutnya, pemerintah perlu fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) koperasi serta pembentukan koperasi baru di daerah yang terpencil.

“Kami mendorong pemerintah untuk memperkuat koperasi dengan meningkatkan SDM dan mendirikan lebih banyak koperasi di desa-desa yang jauh dari pusat perkotaan,” ujar Siang Geah.

Dia juga menekankan perlunya Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) dan Ekonomi Kreatif untuk intensif dalam pembinaan koperasi yang sudah ada saat ini.

Pendampingan yang baik, menurutnya, akan memastikan koperasi dapat berperan aktif dalam perekonomian lokal dan pengelolaan dana pemberdayaan secara efektif.

“Koperasi tidak hanya memberikan manfaat bagi anggotanya tetapi juga untuk seluruh masyarakat dan berkontribusi signifikan bagi daerah,” tambahnya.

Siang Geah menegaskan bahwa tanpa pendampingan yang memadai, koperasi berisiko mengalami kegagalan. Oleh karena itu, ia mengkritisi minimnya pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada koperasi, baik dari dalam maupun luar daerah.

“Pemerintah harus aktif memberikan dukungan dan peluang kepada koperasi, terutama yang berada di pedalaman desa-desa, meskipun tanpa kemitraan dengan perusahaan,” tegas Siang Geah.ADV